Senin, 13 September 2010

Aku Bingung Dengan Jati Diri Kedaerahan ku??-Chapter 7

Chapter 7
Aku Bingung Dengan Jati Diri Kedaerahan ku??

Tinggal lama di tanah perantauan menjadikan diriku tidak bisa menguasai satupun kesenia tradisional, menyedihkan, dan bingung mw milih yang mana. Budaya asli keluarg atau budaya tanah perantauan??
Ditanya dosen:Asal dari mana??
Sebelum gue jawab, gue selalu bilang: Asal mana dulu pak/bu? asal kelahiran/asal keluarga besar atau asal tinggal saat ini?? Maklum punya dua status kedaerahan, kalau diumpamakan status WN, gue punya 2 kewarganegaraan yang berlaku..


 Lahir di Sukabumi, Jawa Barat dan seluruh keluarga besar baik itu dari pihak mamah dan pihak ayah berasal dari sana semua. Gue hanya sempat merasakan hidup disana sejak gue di lahirkan kedunia yang fana ini sampai umur gue 4 bulan setelah itu,gue dan mamah gue pindah ke kalimantan karena ayah gue kerja disana.. Dimulailah kehidupan perantauan gue di pulau nan jauh itu. Kurang lebih gue tinggal di kalimantan, tepatnya di banjarbaru (Kal_sel) selama 18 tahun (mpe lulus SMA loh!!)..Selama itu pula gue ga kenal kebudayaan asli keluarga gue ataupun buaya tempat selama ini gue tinggal. Keluarga gue bukanlah keluarga yang cinta akan seni dan budaya karena gue ga pernah dianjarkan kesenian tersebut.

Masalah muncul ketika gue kuliah:
"Yogyakarta", itulah kota yang gue pilih untuk menggapai impian gue yaitu buat bisa abroad sesuai dengan jurusan yang gue pilih, yaitu Internatioanal Relation (Wuihhhhhhh keren cuyyy!!, hahahahaa). Yogya kan banyak banget tuh asrama-asrama daerah dari asrama daerah yang letaknya diujung barat sampai ujung timur Indonesia (Maklum karena yogya merupakan kota tujuan sekolah jadi wajar aza disini banyak buanget dibangun asrama daerah).

Dan sampai detik ini gue ga bergabung dan ga aktif sebagai pengurus di asrama daerah, boro-boro pengurus datang ke acara yang diadaian ma asrama aja kagak pernah. Kenapa gue memutuskan untuk tidak terlibat?
jawabannya adalah (dengan gaya lebay fitri tropica,wkwkwkwwkw) karena gue bingung mau ikut asrama mana??? asrama banjar atau asrama jawa barat (Inilah dilema anak perantauan, hik hik hik), mau milih banjar tapi hati ga klop karena gue berasal dari tanah sunda, mw milih sunda tapi gag tw apa tentang budaya sana dan merasa tidak akrab (maklum kelamaan di tanah orang)

Hhhmmmmmmmmmmmmm........Sebenarnya sech pingin juga kayak temen-temen yang lain yamg sibuk diasrama dan mengurusi berbagai kegiatan masing-masing daerahnya, kayaknya rame, tapi ya sudahlah apa mau dikata, sudah bingung duluan mw ,olih yang mana akhirnya tidak sama sekali,walaupun sudah diajak berkali-kali untuk bergabung tapi selalu ku tolak dengan alasan "maaf saya sibuk" atau "maaf takut kecapaian",
alasan diplomatis yang ampuh, padahal seh alasan utamanya ialah MALAS, hihihiihi.

Masalah Lain Yang Muncul:
 Secara gue dari jurusan HI, pastilah pingin banget bisa ke luar negeri apalagi bisa mewakili nama Indonesia
untuk student exchange ataupun untuk misi-misi kebudayaan. Perkara buat gue untuk bisa ke luar negeri dengan misi kebudayaan (padahal gue pingin banget bisa ikutan) ialah gue sama sekali ga menguasai satupun jenis tarian daerah ataupun memainkan alat musik daerah,kan biasanya kita akan diminta untuk menampilkan keahlian kita dalam berbudaya. Inilah yang menghambat gue, secara gue kagak bisa nari apapun, yahh alternatif yang bisa gue lakuin adalah menyanyikan lagu daerah, tapi untuk yang satu ini gue sama sekali ga PD karena suara gue cempreng (kata orang-orang dan gue dengan muka miris mengakuinya), malahan mamah gue sendiri bilang, klo gue nyanyi kayak orang nangis (hik hik hik mamah kejam!!!!)

Huuuaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.... mami, papi kenapa sejak kecil diriku tak diajarkan menari atau diajari bisa
alat musik daerah???, nangis sambail guling-guling (lebay mode on)
Pingin sech belajar nari, tapi udah umur segini (Info: Gue umur 20 thn terhitung mulai dari 10 maret 2010) lagi pula gue kaku kalo nari alias ga lugas. Ya sudahlah ratapi saja nasib malang ini.

Banyak jalan menuju Roma dan masih banyak jalan lain untuk bisa ke luar dengan cara lainnya, apa ya??? harus di cari tau!!!!!!!!!!!!!! Gambatte Kudasai ^-^










Tidak ada komentar:

Posting Komentar